Konsumsi makanan bergizi seimbang adalah hal wajib yang harus Anda penuhi saat hamil. Lakukan konsultasi rutin kepada dokter kandungan, pastikan Anda memilih dokter kandungan yang cocok untuk Anda. Selain itu istirahat yang cukup, jauhi asap rokok, dan mengonsumsi vitamin untuk ibu hamil. Pilihlah vitamin yang tepat, berikut tips untuk mengonsumsi vitamin dengan hasil yang baik dan berkualitas untuk ibu hamil. 

Perhatikan Kebutuhan

Hamil adalah satu momen yang ditunggu-tunggu oleh setiap ibu. Kehamilan selama sembilan bulan adalah proses yang cukup panjang. Kebutuhan yang harus dipenuhi untuk ibu dan perkembangan janin akan semakin bertambah seiring bertambahnya usia janin. Anda harus memahami hal tersebut. Pada kehamilan bulan pertama ukuran janin masih kecil sehingga para bunda dianjurkan mengkonsumsi vitamin, makanan yang kaya akan asam folat. 

Perbanyak konsumsi protein yang berasal dari daging serta buah-buahan untuk mencegah resiko kerusakan tabung sistem syaraf janin. Berbeda dengan kehamilan bulan pertama, kehamilan bulan kedua janin sudah mulai bergerak. Konsumsi vitamin asam folat tetap dianjurkan dengan jumlah kurang lebih masih sama dengan kehamilan bulan pertama. Kebutuhan kalsium untuk ibu pada kehamilan bulan kedua adalah 1.000 mg per hari.

Penggunaan vitamin dengan dosis yang berlebihan akan sangat beresiko untuk Anda. Dampak buruk seperti kelahiran cacat hingga keracunan pada janin bisa terjadi jika Anda keliru dalam mengkonsumsi vitamin. Untuk hasil yang baik dan berkualitas pahami dosis serta kebutuhan vitamin dengan benar sebelum Anda mengonsumsinya.

Perhatikan Jenis Vitamin

Beraneka jenis vitamin yang ada untuk memenuhi nutrisi yang dibutuhkan oleh tubuh manusia baik sedang dalam keadaan hamil maupun tidak hamil. Vitamin alami bisa langsung didapat dari konsumsi buah-buahan dan makanan tertentu lainnya. Adapun produk produk suplemen vitamin tersedia di pasaran pada umumnya. Pilihan vitamin yang dibutuhkan disaat hamil adalah asam folat.

Asam folat terbukti membantu perkembangan janin dan menjaga kesehatan ibu semasa hamil. Konsumsi vitamin C dianjurkan untuk membantu penyerapan zat besi yang berguna dalam pembentukan hemoglobin janin. Zat besi banyak terkandung dalam sayuran. Vitamin C banyak berasal dari aneka buah-buahan. Selain jenis vitamin yang harus dipilih dengan benar, ibu hamil tidak dianjurkan mengkonsumsi obat-obatan sembarang tanpa petunjuk dokter. 

Konsumsi vitamin D penting untuk ibu hamil. Mengkonsumsi vitamin D untuk ibu hamil disarankan sebanyak 10 mikrogram setiap hari. Vitamin D berperan untuk menjaga kesehatan tulang dan gigi ibu serta menunjang pertumbuhan bayi. Kebutuhan vitamin D selama masa hamil lebih banyak dibandingkan tidak hamil. Vitamin D dapat didapat secara alami dari ikan, telur, dan daging.

Vitamin B6 sebagai solusi untuk meredakan mual yang pada umumnya terjadi saat hamil. Untuk memenuhi kebutuhan vitamin B6 dianjurkan ibu hamil mengkonsumsi 2,5 mg setiap hari selama masa kehamilan. Selain itu konsumsi vitamin A juga sangat penting untuk pertumbuhan mata, jantung, tulang, serta paru-paru janin.

Karena kebutuhan yang harus dipenuhi dari masing-masing ibu hamil berbeda. Sehingga untuk lebih mengetahui kebutuhan vitamin untuk ibu hamil yang perlu dikonsumsi dan sesuai dengan usia kehamilan Anda perlu lakukan konsultasi dengan dokter kandungan yang tepat. Hal ini juga dimaksudkan untuk menghindari terjadinya kekurangan vitamin.

Mengkonsumsi vitamin dengan jumlah dan jenis yang tepat saat hamil bertujuan untuk mempersiapkan janin yang sehat juga menjaga kesehatan sang ibu. Setiap ibu hamil pastinya memiliki harapan besar untuk kesehatan sang buah hati, berbagai usaha dilakukan untuk mewujudkan harapannya. Jika Anda belum melakukannya, tak ada kata terlambat. Segera lakukan. Banyak pilihan vitamin untuk ibu hamil yang baik dan berkualitas hanya di www.blibli.com.