6-Cara-Merawat-Rambut-untuk-Atasi-Kulit-Kepala-Kering

Masalah kulit kepala kering adalah salah satu masalah rambut yang dialami banyak orang. Kondisi ini dapat menyebabkan kerontokan pada rambut ataupun reaksi alergi pada permukaan kulit kepala. Penyebabnya beragam, bisa karena faktor genetika, kondisi kulit kepala yang sensitif, ketombe, penggunaan hairdryer atau catokan yang terlalu sering, ataupun karena paparan sinar matahari.
 
Kerusakan kulit kepala biasanya banyak terjadi pada Anda yang sebagian besar aktivitas sehari-harinya berada di luar ruangan. Paparan sinar UV dapat membuat rambut dan kulit kepala kering sehingga dapat merusak nutrisi esensial kulit kepala yang menimbulkan beberapa masalah pada rambut Anda.

Merawat Rambut dengan Benar

Namun hal itu tentu bukan penghalang bagi Anda untuk beraktivitas di luar ruangan. Kerusakan kulit kepala dapat diatasi dengan beberapa cara mudah. Berikut Anda bisa simak beberapa perawatan rambut mudah yang bisa Anda lakukan sendiri di rumah.

1. Gunakan Shampo Anti Ketombe

Ketombe dapat membuat kulit kepala Anda menjadi kering. Penggunaan shampo anti ketombe ini akan meminimalisir keringnya kulit kepala. Timbulnya ketombe dapat terjadi berkali-kali, sehingga Anda membutuhkan shampo anti ketombe.

2. Rajin Mencuci Rambut

Setelah beraktivitas di luar tentunya banyak kotoran dan debu polusi yang menempel pada rambut dan kulit kepala Anda. Cucilah rambut setiap habis beraktivitas di luar ruangan. Hal ini akan membuat kulit kepala Anda terhindar dari kotoran yang menyebabkan gatal. Hindari pula menggaruk kulit kepala jika terasa gatal. Biasanya kulit kepala kering akan cenderung lebih mudah menimbulkan gatal.

3. Gunakan Lidah Buaya

Perawatan mudah yang bisa Anda lakukan di rumah adalah dengan memberikan lidah buaya pada kulit kepala Anda. Lidah buaya sudah dikenal dengan manfaatnya yang melembabkan kulit. Saat kulit kepala Anda terasa kering dan gatal, Anda bisa mengoleskan lidah buaya ke permukaan kulit. Hal ini akan membuat kulit kepala Anda terasa lebih segar dan membuat rambut lebih tebal dan berkilau.

4. Gunakan Serum Kulit Kepala

Penggunaan serum untuk kulit kepala sebenarnya hampir sama dengan penggunaan lidah buaya. Hanya saja jika ingin lebih praktis Anda bisa menggunakan serum kulit kepala yang sudah dijual di banyak toko saat ini. Sesuaikanlah serum tersebut dengan jenis kulit kepala Anda, agar tidak terjadi alergi.

5. Gunakan Minyak Zaitun

Bahan alami lain selain lidah buaya adalah minyak zaitun. Minyak zaitun juga dikenal dengan kandungannya yang dapat melembabkan kulit. Biasanya minyak zaitun digunakan untuk kulit tubuh, namun bagi Anda yang memiliki kulit kepala yang kering, minyak zaitun juga bisa menjadi solusi. Cukup usapkan pada kulit kepala sambil dipijat agar lebih meresap.

6. Kurangi penggunaan catokan dan hairdryer

Menggunakan catokan dan hairdryer memang tidak bisa dihindari, apalagi untuk wanita yang memiliki rambut panjang. Nah, jika Anda memiliki masalah kulit kepala yang kering, ada baiknya bagi Anda untuk meminimalisir pemakaian alat-alat tersebut. Hal ini agar tidak membuat kondisi kulit kepala menjadi lebih parah.

Kulit kepala yang kering memang hal yang paling membuat banyak orang tidak nyaman. Selain mudah menimbulkan ketombe, rasa gatal juga membuat orang-orang merasa kurang nyaman dan tidak fokus menjalani kegiatan sehari-hari mereka. 

Lakukanlah beberapa cara dalam merawat rambut di atas untuk mengurangi kerusakan pada kulit kepala kering. Selain itu, Anda juga dapat menggunakan topi saat berada di luar ruangan untuk menghindari efek buruk sinar matahari bagi kulit kepala Anda. Karena mencegah tentunya lebih baik daripada mengobati, bukan?