Menjaga kesehatan kulit adalah wajib dilakukan karena selain untuk menjaga kecantikan, kulit yang terawat dengan benar akan membuat kulit terasa kencang, sehat dan lembab. Untuk merawat kulit sehat dan cantik tersebut pasti kita beranggapan jika harus mengeluarkan biaya yang mahal karena harus berkonsultasi dengan dokter spesialis kulit dan membeli produk mahal. Namun kini ada tips menjaga kesehatan kulit secara alami. Yuk simak tipsnya !

MEMBERSIHKAN WAJAH DAN MEMAKAI PELEMBAP

Cara menjaga kecantikan kulit yang pertama adalah dengan rutin membersihan kulit dari kotoran dan bakteri. Sebaiknya bersihkan wajah menggunakan air hangat setidaknya dua kali sehari saat pagi dan malam hari sebelum tidur. Jika masih ada riasan bekas aktivitas maka bersihkan terlebih dahulu dengan pembersih makeup agar kotoran tidak menempel saat tidur. Gunakan pelembab yang sesuai dengan jenis kulit dan mengandung SPF agar memberikan perlindungan dari sengatan sinar matahari.

HINDARI MENGONSUMSI ALKOHOL

Jika kamu suka mengkonsumsi minuman alkohol sebaikny hentikan kebiasaan tersebut karena alkohol bisa merusak kulit. Mengkonsumsi alkohol dapat menurunkan kolagen yang akan membuat dehidrasi dan membuat kulit menjadi kusam. Selain kesehatan kulit, alkohol pun dapat merusak organ penting didalam tubuh, makan dari itu hindarilah dan stop minuman alkohol karena akan memperparah kondisi tubuh.

HINDARI MEROKOK

Cara menjaga kesehatan kulit selanjutnya adalah dengan tidak merokok. Kebiasaan merokok tidak hanya buruk untuk kesehatan tubuh, tapi juga untuk kulit. Di dalam rokok terkandung lebih dari 4.000 zat kimia berbahaya. Beberapa efek buruknya untuk kulit adalah memicu kemunculan tanda-tanda penuaan dini, membuat kulit kering, kasar, dan kusam. Selain itu, pergerakan otot wajah saat merokok juga mempermudah timbulnya garis-garis halus, terutama di area dekat bibir. Lebih lanjut, merokok bisa memecah kolagen yang berakibat mengurangi elastisitas kulit dan merusak sel-sel kulit.

KENDALIKAN STRES

Selanjutnya yaitu kamu harus sebisa mungkin mengendalikan stress karena stress mempunyai dampak buruk terhadap kesehatan kulit dan tubuh. Stress akan memicu kelenjar andrenal yang menghasilkan kortisol. Hormon ini adalah pemicu utama lemak berminyak dan dapat membuat kulit lebih berminyak dan menyebabkan bakteri sehingga menyebabkan jerawat.

MENGONSUMSI MAKANAN YANG SEHAT DAN BERGIZI

Menjaga kesehatan kulit selanjutnya yaitu kamu bisa menkonsumsi makanan yang mengandung banyak vitamin dan mineral. Hindarilah makanan berminyak, fast food dan mengandung kolesterol tinggi. Mengkonsumsi makanan bergizi yang kaya akan vitamin akan membuat kulit sehat dan tubuh tidak gampang sakit. Konsumsilah makanan mengandung vitamin C di antaranya bayam, kiwi, stroberi, dan tomat. Sementara kolagen ada pada bawang putih, ikan dan daging tanpa lemak, kacang-kacangan, produk kedelai, serta sayuran berwarna hijau gelap. Dapatkan vitamin E pada alpukat, kiwi, kacang-kacangan, tomat, dan cabai.

TIDUR CUKUP

Selanjutnya yaitu tidur yang cukup karena akan membuat metabolisme tubuh anda akan fit kembali. Karena efek dari kurang tidur bisa membuat kulit Anda terlihat lelah dan kusam. Selain itu kurang tidur juga memicu munculnya kantung mata yang menghitam di bawah mata.

CUKUPI KEBUTUHAN AIR PUTIH

Tips merawat kesehatan kulit secara alami selanjutnya yaitu dengan mengkonsumsi air mineral minimal 8 gelas sehari. Air mineral mengandung banyak manfaat untuk kulit yaitu membuat kulit menjadi lembab dan tidak mudah kering. Kamu bisa mengkonsumsi air mineral dengan air mineral alami yang baik agar kandungan terhadap tubuh menjadi maksimal.

MELAKUKAN OLAHRAGA SECARA RUTIN

Lakukanlah minimal 2 kali dalam seminggu untuk membuat kulit tetap kencang dan cantik serta jauh dari penyakit. Olahraga sendiri dapat membuat peredaran darah lancar dan daya tahan tubuh yang lebih baik. Kondisi tersebut tentu berpengaruh pada kesehatan kulit dan tubuh kamu secara keseluruhan.

Itulah tips merawat kesehatan kulit secara alami yang mudah dan murah. Semoga artikel ini bermanfaat terima kasih.