Faedah minum air putih nyatanya bukan hal sepele, seperti yang banyak disangka orang. Faedah minum air putih ialah untuk menahan dehidrasi badan, jaga kesegaran kulit, membuat perlindungan saraf serta jaringan badan, dan memberi dukungan otot serta sendi.


Minuman type lain, contohnya soft drink, termasuk tinggi gula serta kalori hingga bisa meningkatkan berat tubuh Anda. Minuman tambah energi yang sering diambil jadi sumber cairan harus juga diperhitungkan, karena memiliki kandungan gula serta cafein. Demikian juga dengan juice buah paket, tetap lihat cap produknya terlebih dulu sebelum mengkonsumsinya.

Utamanya Air Putih

Air putih yang bebas kalori serta gula adalah pilihan paling sehat untuk jaga badan masih mempunyai cairan yang cukup, sekaligus juga menangani rasa haus setiap saat. Diluar itu, faedah minum air putih di nikmati oleh bermacam peranan badan, diantaranya:

  • Jaga kandungan cairan badan atau menahan dehidrasi, hingga badan tidak alami masalah pada peranan pencernaan serta penyerapan makanan, perputaran, ginjal, serta penting dalam menjaga suhu badan yang normal.
  • Menolong memberi daya pada otot serta melumasi sendi-sendi supaya masih lentur. Tidak seimbangan cairan bisa menyebabkan kecapekan pada otot.
  • Menolong mengatur konsumsi kalori badan. Minum air putih tambah lebih baik dalam menahan penambahan berat tubuh dibanding minuman yang memiliki kandungan tinggi kalori.
  • Jaga kesegaran kulit hingga kulit tidak kelihatan kering serta berkerut.
  • Membuat perlindungan saraf tulang belakang serta jaringan peka pada badan yang lain.
  • Menolong proses pembuangan sisa-sisa minuman dan makanan lewat keringat, urine serta kotoran.

Berapakah Ukuran Normal supaya Tidak Kekurangan Cairan?

Keperluan cairan setiap orang berlainan. Pada seorang dewasa, mengonsumsi air putih yang dianjurkan yakni seputar delapan gelas memiliki ukuran 230 ml /hari atau keseluruhan 2 liter.


Tidak hanya dari minuman, makanan dapat memberi konsumsi cairan pada badan, yakni seputar 20%. Cairan dari makanan khususnya didapat dari sayur dan buah, contohnya bayam serta semangka yang memiliki kandungan 90% air.


Untuk tahu apa badan kekurangan cairan, termasuk gampang. Sinyal awal yang biasanya dirasa saat satu orang kekurangan cairan ialah merasakan haus serta urine berwarna lebih gelap dari umumnya.


Tanda-tanda lain yang mungkin saja dirasa saat badan tidak terhidrasi secara baik yakni merasakan pusing, sakit kepala, mulut, bibir, serta mata berasa kering, buang air kecil dengan jumlahnya serta intensif yang jarang-jarang, kurang daya, serta kecapekan.


Yang tidak kalah penting, butuh dilihat beberapa keadaan serta kegiatan spesial yang membuat badan jadi memerlukan semakin banyak konsumsi air dibanding umumnya, diantaranya:

  • Olahraga atau aktif dengan fisik.
  • Alami demam, diare, atau muntah-muntah.
  • Cuaca yang benar-benar panas.
  • Hamil serta menyusui. Wanita hamil dianjurkan konsumsi air seputar 2,4 liter satu hari, sedang wanita yang menyusui dianjurkan konsumsi air seputar 3,1 liter /hari.

Panduan Penuhi Keperluan Air Putih Tiap Hari

Ada banyak panduan yang bisa dikerjakan untuk mendapatkan faedah minum air putih seperti yang diterangkan di atas, yakni:

  • Coba untuk melatih minum air putih setiap waktu makan atau waktu konsumsi cemilan.
  • Siapkan gelas atau botol berisi air minum di meja atau tas yang Anda bawa serta waktu kegiatan setiap hari. Dengan begitu, Anda akan ingat untuk mengkonsumsinya.
  • Anda dapat memberikan tambahan rasa pada air putih supaya berasa lebih enak. Diantaranya dengan memberikan tambahan potongan buah-buahan sama dengan minuman infused water.

Ada banyak ketetapan air minum yang wajar serta aman untuk dikonsumsi menurut Kementerian Kesehatan RI, yaitu air yang tidak mempunyai rasa, berbau atau warna, tidak memiliki kandungan bakteri, serta tidak memiliki kandungan bahan kimia melewati batas yang dibolehkan.


Janganlah lupa juga pastikan air minum wajar dikonsumsi serta penuhi standard kesehatan, buat menghindarkan penyakit karena minum air yang terkontaminasi. Temukan faedah minum air putih buat kesehatan dengan konsumsi air putih dengan teratur tiap hari, serta melengkapi dengan gaya hidup yang sehat.