Saat operasi pergantian sendi lutut, Anda masuk waktu pemulihan. Umumnya sesudah operasi lutut, otot kaki melemah sebab Anda tidak sering memakainya. Oleh karenanya, ada banyak hal yang perlu dikerjakan sesudah operasi lutut selama saat pemulihan.
Hal yang perlu dikerjakan saat pemulihan operasi lutut

Penguatan otot kaki dibutuhkan dalam babak pemulihan saat operasi lutut. Umumnya dokter merekomendasikan untuk lakukan fisioterapi untuk tingkatkan peranan otot kaki Anda. Diluar itu, ada hal-hal lain yang butuh Anda lihat sepanjang jalani rawat jalan dalam pemulihan saat operasi lutut.

Supaya pemulihan berjalan maksimal, kerjakan panduan berikut sesudah jalani operasi lutut.

1. Melakukan terapi teratur

Anda akan memperoleh agenda therapy teratur dari dokter atau terapis. Musuh rasa malas atau takut waktu jalani therapy ini sebab Anda tetap dibarengi oleh terapis. Therapy dikerjakan untuk lancarkan peredaran darah pada kaki Anda.

Umumnya terapis memberikan informasi saat Anda alami infeksi atau pembengkakan pada lutut. Pembengkakan biasanya berlangsung sesudah operasi lutut. Jika berlangsung, kompres dengan kantong es, masih gerakkan kaki, jangan memaksa diri melakukan aktivitas dengan berat, atau juga bisa konsumsi obat penghilang rasa sakit. Tetapi, Anda dapat sesuaikan langkah perlakuan lutut abuh pada terapis.

2. Mengonsumsi makanan sehat

Umumnya nafsu makan cukup menyusut sesudah jalani operasi. Bagaimana juga Anda butuh konsumsi makanan yang memiliki nutrisi tinggi. Khususnya makanan yang memiliki kandungan zat besi seperti daging, telur, brokoli, atau tahu.

Waktu operasi badan kehilangan zat besi dalam darah. Oleh karena itu, zat besi diperlukan jadi pemulihan saat operasi lutut. Zat besi dapat menyebabkan produksi hemoglobin, hingga sel darah merah bisa mengedarkan oksigen dari paru-paru ke semua badan.

3. Persiapan kamar yang aman

Waktu dokter membolehkan Anda pulang saat operasi lutut serta jalani pemulihan di dalam rumah, Anda dapat minta tolong pada keluarga untuk menyiapkan ruang kamar. Anda tidak mungkin banyak bergerak selama saat pemulihan di dalam rumah.

Tinggi kasur yang dianjurkan sepanjang jalani waktu pemulihan paling tidak 40-50 cm di atas lantai. Janganlah lupa untuk minta menempatkan beberapa barang yang penting di dekat tempat tidur Anda, seperti dari kacamata, obat-obatan, hp, tisu, cemilan, serta yang lain.

4. Bergerak tetapi jangan memaksa diri

Waktu Anda telah jalani rawat jalan di dalam rumah saat operasi lutut, janganlah lupa untuk masih menggerakkan kaki jadi pemulihan peranan otot.

Kerjakan latihan jalan ini dengan seringkali dibarengi dengan salah satunya bagian keluarga. Coba latihan berjalan dengan perlahan-lahan untuk melatih konsistensi dalam jarak pendek. Langkah berikut dapat kembalikan kemampuan pada otot kaki Anda dengan perlahan-lahan. Ingat, walau bergerak itu penting, jangan pernah Anda memaksa diri selama saat pemulihan.

5. Jangan malu meminta pertolongan

Ada orang yang malas minta pertolongan untuk lakukan suatu hal saat operasi lutut, walau sebenarnya dia sedang dalam waktu pemulihan. Sepanjang step pengobatan ini, Anda mungkin susah untuk lakukan bermacam kegiatan.

Oleh karenanya, tidak ada kelirunya untuk minta tolong pada bagian keluarga untuk lakukan suatu hal. Contohnya, mengubah perban, menolong untuk mandi serta kenakan pakaian, mempersiapkan makanan untuk Anda, atau kegiatan yang lain yang susah Anda kerjakan sendiri. Jadi, tidak butuh malu untuk minta pertolongan, tentu bagian keluarga Anda pahami kondisi Anda.

6. Kerjakan olahraga mudah

Selama saat pemulihan saat operasi lutut, kegiatan fisik Anda tidak sekerap sebelum operasi. Saat dokter mengatakan Anda diperbolehkan beraktivitas normal, janganlah lupa kerjakan olahraga mudah untuk menguatkan lutut serta otot kaki Anda.

Beberapa olahraga yang bisa dikerjakan salah satunya berenang serta bersepeda. Untuk kegiatan seperti menari atau bermain golf bisa dikerjakan. Tetapi untuk sesaat, jauhi olahraga yang memberikan penekanan lebih pada kaki, seperti jogging atau main basket.