Belakangan ini menu-menu minuman kopi bisa dikatakan menjadi salah satu kebutuhan konsumsi sehari-hari generasi masyarakat zaman now. Meskipun budaya ngopi sudah mengakar dari aktivitas sebagian besar masyarakat Indonesia sedari lama, pertumbuhan konsumsi per harinya pada zaman sekarang menjadikan aktivitas ngopi menjadi sebuah tren kalangan masyarakat khususnya generasi muda.

Tidak hanya sekadar menu-menu kopi saja, tempat ngopi pun kini menjadi sebuah komoditas incaran masyarakat yang diperhatikan. Diperhatikan dalam hal ini maksudnya adalah, coffee shop harus dapat mengakomodasi beragam kebutuhan tidak sekadar 'ngopi' saja. Ada banyak preferensi minat bagi para coffee lovers dalam mencari tempat ngopi pilihannya. Mulai dari mendukung suasana hangout bersama teman-teman, tempat bekerja atau belajar yang tenang, hingga memiliki spot-spot instagrammable karena keunikannya.

Jakarta diketahui paling banyak menawarkan pengalaman-pengalaman tersebut. Beberapa coffee shop di Pantai Indah Kapuk (PIK) misalnya. Dibanding keberadaan kafe-kafe dan restoran disana, coffee shop disana masih tergolong tidak terlalu eksis keberadaannya. Dikarenakan jarangnya jumlah tempat ngopi tersebut, berbagai coffee shop disana bisa digolongkan sebagai 'hidden coffee shop' di Jakarta.

Kira-kira coffee shop pilihan apa saja disana? Mari kita simak bersama.

Monkey Tail

Hidden coffee shop yang telah belum lama beroperasi dalam jagat perkopian PIK tersebut terletak hanya 10 menit dari perumahan PIK 2. Kata hidden atau tersembunyi dalam hal ini memang ditunjang dari letak tempatnya yang berada ditengah-tengah kepadatan kawasan kawasan Rukan Cordoba, Jalan Marina Indah, Kamal Muara
Menawarkan konsep kafe berdesain japanese minimalist, setiap ruangan Monkey Tail didesain dengan perpaduan dari unsur-unsur minimalis dan elemen-elemen khas negeri sakura seperti warna netral abu-abu terang, pencahayaan natural  terpampang dari jendela kaca besar, hingga penggunaan kayu jati pernisan untuk elemen furniturnya.
Tidak hanya menu kopi, Monkey Tail juga menawarkan beragam menu kudapan lainnya dengan cita rasa nusantara dan japanesse food. Bagi Anda para pecinta coffee, please cobain signature dish Monkey Tail yakni Espresso Con Panna.

Kopi Konnichiwa

Mini coffee shop PIK dengan konsep drink to go ini bisa dikatakan merupakan opsi tempat teranyar bagi para coffee hunter yang berburu minuman kopi enak Jakarta. Terletak dalam salah satu pulau reklamasi Jakarta, Konnichiwa merupakan salah satu hidden-coffee shop yang belum banyak diketahui masyarakat dan juga menawarkan konsep coffee to go pertama pulau reklamasi Jakarta.
Berlokasi tepatnya pada Ruko Golf Island, Jalan Pantai Indah Kapuk No.19 (sekitar 10 menit dari perumahan PIK 2) , mini coffee shop tersebut turut menawarkan sebuah spot bercengkerama untuk menikmati kopi ataupun matcha sebagai menu unggulannya. Spot mini ini bisa dikatakan spot instagrammable terbaru pada kawasan sekitaran perumahan PIK 2.

Sudoet Tjerita

Berlokasi tidak jauh dari perumahan PIK 2, tepatnya di Ruko Crown Golf Boulevard Blok D No.11-12, tempat ngopi satu ini bisa dikatakan sebagai hidden gem untuk anak muda yang doyan hangout bersama teman-teman sepermainan. Bangunan tempat ngopi didesain berkonsep minimalis medieval dimana mengambil elemen-elemen bangunan-bangunan dikawasan wisata populer Santorini, Yunani dengan dominasi warna putih pada setiap ruangan. Selain menawarkan pilihan menu kopi, Sudoet Tjerita turut menyajikan menu-menu kudapan seperti aneka pasta, pizza, dan waffle dengan harga terjangkau.
Sama seperti Konnichiwa, Soedoet Tjerita merupakan tempat ngopi yang bisa dikatakan anyar keberadaannya di PIK. Sekiranya, baru sekitar 7 bulan beroperasi di PIK semenjak kedatangannya pada April 2019 silam. Meskipun dikatakan teranyar, Soedoet Tjerita sebenarnya telah lama populer dimata para coffee-hunter atau cafe-hunter saat memiliki toko di kawasan Ruko Royal Mediterania, Tanjung Duren.