Walau tehnologi makin berkembang, tetapi masih beberapa orang sebagai korban modus penipuan, diantaranya penipuan undangan interviu. Ketidaktahuan serta ketidakhati-hatian jadi fakta beberapa orang tertipu atas modus ini.

Modus penipuan ramai diketemukan lewat e-mail dengan mengikutkan lampiran yang tidak dibutuhkan. Dengan begitu, Anda harus cari tahu selanjutnya bila mendapatkan undangan interviu.

Tersebut modus penipuan undangan awancara kerja yang perlu dicermati, diambil JobStreet.

Phising

Semacam penipuan dimana satu orang mengirim satu pesan, atas nama JobStreet.com atau perusahaan terpenting yang lain, serta berusaha untuk memperoleh username, password atau data kartu credit Anda.

Ciri-cirinya, pengirim pesan tidak menegur memakai nama Anda; Seringkali ada pengejaan kata yang salah, susunan kalimat yang tidak pas serta sinyal baca atau grafik/gambar yang tidak berkelanjutan; Keinginan info yang berbentuk peka atau konfirmasi keamanan account Anda.

Berkesan menekan; Alamat pengirim pesan seringkali kelihatan aneh serta meresahkan; E-mail/surel seringkali dibarengi dengan file attachment yang meresahkan; Pengirim akan memberikan instruksi Anda untuk mengeklik tautan supaya masuk/sign in ke JobStreet.com atau buka file attachment tersendiri.

Trojan

Malware ialah software/piranti lunak beresiko, atau disebutkan sebagai virus Trojan yang mana bila masuk ke skema computer akan berbentuk membahayakan, contohnya mengambil data pribadi atau info keuangan.

Ciri-cirinya, ada kotak pesan meresahkan yang minta info pribadi atau keuangan Anda, contohnya kartu credit atau tanggal lahir; Pergantian aneh pada situs Internet Banking, contohnya 'pesan upgrade' atau 'situs sedang dalam maintenance'; Tampilan situs yang tidak teratur, contohnya kolom yang tidak terlihat atau tombol tambahan; Proses log-in yang merasa lamban dengan relevan; Pesan 'Harap Tunggu' yang ada sesudah kamu mendesak tombol 'login'.

Penipuan serta Spam

Electronic junk mail juga dikenal dengan panggilan spam. Umumnya surel semacam ini diantar tanpa ada keinginan Anda serta dapat masuk ke alamat e-mail, nomor telephone atau account pesan instant. Isi dari pesan spam biasanya beragam.

Beberapa pesan berbentuk promo atas produk atau service sah, serta ada pula yang berbentuk menipu lewat tautan ke situs palsu dimana Anda akan diinstruksikan untuk masukkan data rekening bank atau info kartu credit.