Tiap orang tentu pernah merasakan stres sebab permasalahan keuangan. Serta, berdasar jajak opini yang diedarkan di hari Kesehatan Mental Dunia, seperempat orang dewasa di Inggris menanggung derita permasalahan kesehatan mental karena cemas akan keuangan mereka.

Empat dari lima (79 %) orang dewasa di Inggris menjelaskan mereka cemas mengenai uang, dengan yang ke-3 (35 %) merintih jika kekhawatiran finansial memberatkan pemikiran mereka tiap hari. Serta, 32 % orang menjelaskan itu membuat mereka terbangun pada malam hari.

Meskipun begitu, ada beberapa langkah kecil yang bisa diambil untuk tingkatkan kesejahteraan finansial. Tersebut 4 panduan supaya tidak merasakan stres sebab permasalahan keuangan, dikutip CNBC Make It.

Menabung

Bukan hal baru bila menabung adalah jalan keluar dari semua permasalahan keuangan. Dengan menabung, Anda dapat penuhi keperluan hidup di waktu depan, menghindarkan utang, serta tentu saja hidup semakin lebih tenang sebab Anda telah mempunyai pegangan periode panjang.

CEO basis kesejahteraan finansial FairQuid, Vishal Jain menjelaskan, Anda dapat buka rekening untuk menabung. Nanti, uang Anda akan dengan automatis terpotong tiap bulan. Hingga Anda tidak dapat tunda untuk menabung.

Bicara dengan Orang Lain

Buat 19 % dari 2.000 orang dewasa yang di survey mengenai efek uang pada kesehatan mental mereka oleh Bank TSB, melunasi utang dalam jumlahnya besar kadang jadi momok menakutkan.

CEO service pendapat keuangan online OpenMoney, Anthony Morrow menjelaskan, bicara dengan keluarga, rekan, atau atasan Anda bisa menurunkan kekhawatiran ini. Bicara dengan atasan penting, mengingat kecemasan uang memengaruhi potensi Anda untuk lakukan pekerjaan dengan efisien.

Menyaring Jalinan yang Tidak Sehat

Dengan tidak sadar, pola hidup dapat membuat satu orang terbenam dalam permasalahan keuangan. Dimana satu orang mempunyai barisan dengan pola hidup elegan, tetapi ia sendiri tidak dapat untuk ada dalam lingkaran itu.

Karena itu, Anda butuh menimbang kembali jalinan dengan rekan atau barisan yang tidak sesuai kantong Anda. Tak perlu malu untuk kelihatan simpel. Sebab Anda harus memprioritaskan kesehatan keuangan daripada pola hidup yang malah membuat Anda sulit.

"Saya sudah lihat beberapa orang mendapatkan banyak permasalahan sebetulnya coba menjaga pola hidup yang dipropagandakan oleh pekerjaan mereka, dengan publikasi pekerjaan serta itu dapat benar-benar mengakibatkan kerusakan sebab rasa-rasanya profesi Anda terikat dengan skema pengeluaran yang tidak sehat," kata Lawton.

Sesuai kenyataan dengan Arah Keuangan Anda

Tiap orang tentu mempunyai kemauan yang perlu dicapai di waktu depan. Walau sebenarnya, hal itu jadi fakta paling besar Anda alami stres sebab permasalahan keuangan, bila kemauan itu tidak terwujud.

Karena itu, Anda harus sesuai kenyataan dalam memastikan arah Anda, tentu saja harus sesuai keadaan keuangan.