Herpes tidak cuma berlangsung orang dewasa, dan juga bayi yang baru lahir. Langkah menyembuhkan herpes pada bayi bisa dikerjakan dengan beberapa perlakuan yang pas. Sama dengan orang dewasa, herpes pada bayi adalah infeksi yang dikarenakan oleh Herpes Simplex Virus (HSV). Virus ini bisa mengakibatkan cedera serta bisul kelamin.

Makin muda umur bayi, makin rawan pada HSV. Bayi yang baru lahir lebih beresiko terserang herpes bila sang ibu menanggung derita herpes genital dalam enam minggu paling akhir waktu kehamilan. Pada keadaan ini, ibu beresiko menularkan infeksi pada bayi waktu melahirkan dengan normal.

Herpes dapat juga disebarkan ke bayi lewat cairan flu dari orang yang terinfeksi herpes. Juga bisa disebarkan oleh ibu yang mempunyai cedera karena herpes di payudara waktu bayi menyusui. Bayi paling beresiko terserang infeksi herpes dalam empat minggu pertama sesudah kelahiran.

Diambil dari NHS, bayi yang terserang herpes diikuti dengan tanda-tanda peka atau gampang geram, kulit yang melepuh, penyakit kuning, serta gampang berdarah. Ada juga tanda-tanda kesusahan bernapas seperti mendengkur, membiru (sianosis), pernafasan cepat, serta sesak napas.

Bayi yang terinfeksi herpes harus diobati selekasnya. Perlakuan dari pakar seperti dokter anak benar-benar diperlukan untuk menganalisis serta menyembuhkan herpes pada bayi.

Langkah menyembuhkan herpes pada bayi bisa dikerjakan dengan memberi obat antivirus dengan cara langsung ke pembuluh darah bayi atau dengan intravena. Perawatan ini memakan waktu sepanjang beberapa minggu.

Jika ada komplikasi seperti kejang, komplikasi itu harus diobati. Sepanjang penyembuhan, bayi masih dapat menyusui pada ibu. Kecuali bila sang ibu mempunyai herpes di ruang puting.