Pasti memerlukan proses panjang untuk manfaatkan ruang taman outdoor jadi peningkatan rumah kita, penuhi keperluan ruangan duduk di luar, serta tempat yang pas untuk bercengkerama sambil nikmati hangatnya cahaya mentari di ruang yang sejuk serta nyaman. Dalam beberapa waktu paling akhir, ruang-ruang outdoor sering lebih mirip ruang tertutup di belakang rumah tanpa ada penghubung yang pasti dengan ruang-ruang di rumah. Ruangan itu tidak berkesan benar-benar mengundang, serta cuma seperti ruangan kosong tanpa ada ciri-ciri serta peranan riil.


Tetapi, sekarang banyak desainer manfaatkan ruang taman outdoor ini hingga terlihat seperti satu ruangan di rumah, sediakan tempat untuk duduk enjoy serta nyaman. Semua segi design interior tinggal ditranslate ke ruangan luar, dengan pilihan material yang menjaga beberapa unsur itu dengan penuh style. Berikut contoh-contoh untuk menggugah kreatifitas Anda.


1. Ruang di atas pucuk pohon.

Anda tak perlu tahu banyak mengenai bagaimana rumah itu dapat menjulang tinggi di atas pucuk pohon. Panoramanya demikian spektakuler, bukan sekedar tata ruangan luar, dan juga panorama sekelilingnya. Apa ada langkah yang lebih baik untuk menikmatinya tidak hanya duduk enjoy melihat ke bawah seolah-olah sedang melambung tinggi? Di ruang outdoor ini, Anda bukan sekedar rasakan kenikmatan, tapi dapat nikmati beberapa unsur alami.


2. Ruangan outdoor teatrikal.

Ruangan outdoor dengan tata sinar fenomenal ini memunculkan kesan-kesan teatrikal yang menegangkan. Tidak hanya berperan jadi lanskap tanpa ada peneduh, ruangan itu dipakai jadi panggung terbuka serta ruang keluarga. Di sini fokusnya bukan pada taman hijau, tapi pada peranan ruangan.


3. Dampak teralis.

Teras dengan design kontemporer ini direncanakan jadi ruangan outdoor yang mempunyai kesan-kesan semi-privat, namun berkaitan dengan ruangan luar. Penyekat laser-cut bisa menghambat sekaligus juga biarkan cahaya matahari tembus ke ruangan duduk di bawahnya, membuat bayang-bayang geometris. Ruangan ini minimalis walau kaya material.


4. Kamar tidur alam terbuka.

Kamar tidur outdoor ini mengartikan komponen interior ke luar rumah untuk membuat tempat peristirahatan yang teduh di pinggir danau. Ada kesan-kesan privacy. Pohon-pohon berperan jadi pelindung, partisi kayu jadi dinding pembatas, serta lembaran kain tipis jadi langit-langit. Tetapi, tidak itu saja, kamar tidur outdoor ini diperlengkapi bathtub dengan alas tikar pandan. Ruangan outdoor organik ini pas untuk diaplikasikan buat siapa juga.


5. Lubang pada dinding.

Mungkin Anda inginkan taman sekaligus juga membuat satu ruangan untuk menikmatinya tanpa ada habiskan ruang outdoor. Lubang pada dinding rumah ini bisa memaksimalkan tempat duduk indoor-outdoor. Saat cuaca sangat mungkin, Anda bisa nikmati semua faktor alam dengan buka pintu kaca geser, tempat duduk (window seat) ini jadi pojok interior yang nyaman untuk duduk serta melihat dunia luar.


6. Ruangan tamu outdoor.

Anda mungkin tertipu lihat photo ruangan tamu di atas, tiap bagian dibatasi dengan dinding-dinding tinggi, walau sebenarnya Anda tidak ada di rumah benar-benar. Design ini mengartikan ruangan tamu ke ruang outdoor dengan peralatan serta perlengkapan pilihan yang lain. Perlengkapan yang diambil berasal berbahan bertahan lama yang pas untuk pekerjaan outdoor misalnya bahan kain tahan air untuk sofa, kayu bertahan lama serta stainless steel untuk meja, dan plastik resin untuk bangku. Siapa katakan style harus hanya terbatas pada interior rumah?


7. Dapur luar.

Pengalaman ruangan outdoor yang kreatif ini dengan harfiah berkembang dari dalam ke luar, dengan mentransfer bahan stainless steel serta cat putih yang banyak diketemukan di dapur dalam membuat ruangan luar. Yang membuat ruang dapur-ruang makan outdoor ini menarik ialah integrasi semua elemen design yang kerja sesuai sesuai dengan manfaatnya.


8. Kamar mandi luar.

Design kamar mandi outdoor ini membuat kesan-kesan privacy serta kemewahan di luar ruang, satu tempat persembunyian pribadi yang dikelilingi oleh tanaman yang rimbun. Shower yang dipasang di bagian atas bathtub pancarkan air bak hujan tercurah dari langit. Pencahayaan yang lembut, ditambah situasi privacy saat melihat ke langit dengan bintang terang-benderang saat malam hari membuat situasi kemewahan tertentu.


9. Ruangan makan outdoor.

Ruangan makan outdoor ini menguatkan kesan-kesan privacy dengan dibatasi oleh dinding-dinding sesuai dengan manfaatnya. Ruangan makan ini ada ditengah-tengah taman yang rimbun yang memberi kebebasan untuk santai sesaat sambil nikmati cahaya mentari pada pagi yang cerah. Pencahayaan yang menegangkan memberi dukungan situasi keintiman serta privacy pada malam hari. Filosofi design ini bukanlah untuk batasi ruangan, tapi menjadikan satu faktor taman serta outdoor.


10. Pengalaman luar-dalam.

Anda dapat nikmati ruangan outdoor atau alami sensasi seakan-akan ada di luar ruang dengan buka sisi belakang rumah Anda serta manfaatkan peranan internal seperti dapur untuk nikmati ruangan luar dengan semua kenyamanan dari ruangan dalam. Anda dapat membuat ide simpel ini dengan tempatkan pintu geser untuk buka ruangan.


11. Paviliun dalam taman.

Bila taman Anda lumayan luas, bikinlah paviliun taman yang berdiri dengan sendiri dengan kanopi yang memberi keteduhan, dinding yang terbuka pada taman sekelilingnya serta memberi kesan-kesan privacy. Taman dengan skema bertingkat serta pemakaian material alami yang bertahan lama menolong memastikan hierarki ruangan.


12. Teras outdoor.

Tinggal di kota tidak bermakna harus kehilangan ruangan outdoor. Serta, bila Anda tidak mempunyai halaman rumah, Anda masih dapat membuat kreasi yang berlainan dengan manfaatkan ruang teras balkon jadi ruangan duduk. Di sini, Anda mempunyai nilai plus panorama kota yang fenomenal. Peletakan lampu-lampu bundar dengan acak bisa memberi kesan-kesan menegangkan serta misterius. Taman atap serta kolom yang terselubung taman vertikal memberi sentuhan alami serta panorama yang menarik pada teras balkon kekinian ini.


13. Ruangan outdoor terpisah pada tempat miring.

Tempat miring terkadang adalah medan yang paling susah untuk membuat ruangan outdoor. Tetapi, Anda dapat mengubah jadi suatu hal yang positif serta berlainan. Ruangan outdoor yang intim serta private yang tersembunyi dari tetangga samping bisa dibuat dengan tehnik taman terasering. Tehnik ini bukan sekedar sediakan ruangan datar yang bisa dipakai jadi ruangan fungsional, dan juga kesempatan untuk membuat ruang-ruang berlainan pada level yang berlainan, semasing bisa disamarkan serta dibatasi oleh dinding pagar taman yang tertangani.


14. Ruangan dalam lubang.

Taman ini dengan pintar dibagi jadi beberapa zone yang dengan jelas memutuskan ruang-ruang yang akan dipakai untuk kegiatan yang berlainan. Ruangan duduk, ruangan makan, serta kolam renang pastikan jika rumah ini diperlengkapi secara baik untuk menghibur penghuninya. Pergantian level tunjukkan hierarki ruangan, dengan ruangan duduk yang dibatasi tanaman pagar pada level paling rendah. Ruangan duduk ini menyatukan lantai kayu, kursi kayu, serta perapian, satu ruangan yang bisa dipakai selama tahun.


15. Satu ruangan dengan vista.

Ruang outdoor bisa jadi tempat untuk refleksi serta sebatas santai sekalian nikmati panorama. Rumah ini mempunyai ruangan outdoor berlapis dengan serial vista yang fenomenal, dari mulai ruangan makan outdoor, kita bisa lihat keluar mengarah taman serta kolam, selanjutnya kolam renang, serta pemandangan gunung dari kejauhan. Semua keindahan ini dibingkai dengan indah oleh pergola tanaman menjalar. Panorama sekelilingnya sudah membuat situasi damai di taman ini, tidak ada hiasan penambahan yang dibutuhkan. Kesederhanaan ialah kuncinya.


16. Design ruangan gantung.

Ada sensasi yang ajaib saat merasakan seperti mengambang di atas perahu atau melayang-layang di udara. Ruangan luar ini mempunyai semua yang kita butuhkan—sebuah kasur rotan yang nampaknya seperti mengapung di atas air, memberi kesan-kesan privacy serta refleksi.


17. Ruangan luar berliku.

Taman bergaya Zen ini ialah ruangan luar berliku yang luas dengan beberapa kantong berlainan yang dibuat untuk nikmati taman tersebut. Ruangan ini tidak dibatasi oleh empat dinding atau dek yang dibuat untuk arah spesial dengan atap atau ruangan yang tersambung ke di rumah. Taman ini bukan sekedar memberi satu ruangan, tapi bermacam ruang-ruang outdoor.