Masyarakat Jakarta sesaat dapat nikmati taman ditengah-tengah kota, persisnya di lokasi Gelanggang olahraga Bung Karno, Senayan. Peningkatan taman yang dinamakan Rimba Kota ini telah dikerjakan semenjak acara Asian Games 2018 oleh barisan Plataran. Lokasi hijau seluas 3,2 hektare ini bisa memuat sampai 2.000 orang. Dari dalam taman, pengunjung dapat lihat gedung-gedung pencakar langit sekaligus juga pondok-pondok asri yang jadikan tempat pusat kuliner serta ruangan pertemuan.


Pembukaan sah Rimba Kota akan dikerjakan pada Desember akan datang. Taman yang di inspirasi dari Central Park di New York ini tentunya akan meningkatkan semakin banyak ruang hijau ditengah-tengah kota yang menyebar di dunia. Tersebut beberapa taman kota terluas yang berada di kota-kota besar dunia:

1. Golden Gate Park, San Francisco

Direncanakan oleh William Hammond Hall serta John McLare, taman ini ditumbuhi seputar 155 ribu pohon. Tiap tahunnya 13 juta orang bertandang kesini. Dibuka semenjak tahun 1870, di taman ini pengunjung dapat mendatangi kebun bunga Conservatory of Flowers, Japanese Tea Garden, Shakespeare Garden, De Young Museum, National AIDS Memorial Grove, rumah kaca California Academy of Sciences, atau berperahu di Slow Lake. Jogging serta rekreasi benar-benar dapat dikerjakan di sini. Tiap akhir minggu, pengunjung dihibur tampilan band Golden Gate Park Band.

2. Jardin du Luxembourg, Paris

Taman bergaya Baroque ini dibuat untuk lengkapi arsitektur istana Palais du Luxembourg. Berperahu di danau Le Grand Bassin sekalian memandangi bentangan rumput hijau serta bunga berwarna-warni dapat jadi pekerjaan akhir minggu yang hebat di sini. Janganlah lupa berkunjung ke air mancur Fontaine de M├ędicis yang disebut karya dari pematung Bartholdi.

3. Regent's Park, London

Taman ini awalannya jadi ruang memburu raja-raja Inggris. Faksi kerajaan lalu memberikan tugas arsitek John Nash untuk bikin taman kota untuk memberikan kesan-kesan humanis untuk kota London. Di ruang taman ada kebun binatang, yaitu London Zoo, sebagai habitat 760 hewan. Buat yang ingin memandang London dari ketinggian dapat mendatangi ruang Primrose Hill.

4. Ibirapuera Park, Sao Paulo

Dibuka untuk umum semenjak tahun 1954 untuk menandai ulang tahun ke-400 kota Sao Paulo, taman ini direncanakan oleh Robert Burle Marx serta Oscar Niemeyer. Tidak cuma panorama hijau berhektar-hektar saja yang bisa disaksikan di taman ini. Ada Museum of Kekinian Art yang memperlihatkan lebih dari 4.000 seni kontemporer karya seniman Brasil.

Pengunjung dapat juga mendatangi Ibirapuera Planetarium serta ruang konser Ibirapuera Auditorium. Bersepeda telusuri danau Bosque de Leitura serta berkunjung ke perpustakaan umum luar ruangan jadi pekerjaan favorite pengunjung di sini.

5. Hong Kong Park, Hong Kong

Taman kota tidak cuma berada di Eropa atau Amerika saja, di Asia diantaranya ada di Hong Kong. Hong Kong Visual Arts Centre, Museum of Tea Ware serta rumah bersejarah Flagstaff House jadi tempat wisata yang harus didatangi di sini. Taman berpemandangan gedung pencakar langit ini dibuat jadi habitat bikinan buat lebih dari 2.000 bunga, 600 burung, serta penyu.

6. Lumpini Park, Bangkok

Kerajaan Thailand buka taman ini untuk umum pada 1925. Tetapi, perang sempat membuat taman ini tidak terurus sampai tahun 1954. Dari Februari sampai April, taman ini mengadakan konser Music in the Park yang mendatangkan Bangkok Symphony Orchestra.

7. Stanley Park, Vancouver

Dibuka untuk umum semenjak tahun 1888, taman ini masuk dalam daftar National Historic Site of Canada. Bukan hanya padang rumput hijau yang luas, taman ini mempunyai rimba, kebun bunga, lapangan golf, serta pantai. Ada tour wisata berbayar yang dapat diikuti keluarga.

8. Centennial Park, Sydney

Tempat bakau serta berbatu tidak menurunkan semangat Sydney untuk membuat taman kota jadi sarana publik buat masyarakatnya. Taman ini dibuat oleh Frederick Augustus Franklin serta Charles Moore - yang belajar dari pengerjaan taman Regent's Park serta Kew Garden di London. Ruang berkuda sediakan paket latihan berbayar yang dapat di nikmati pengunjung. Selain itu Belvedere Amphitheatre sering mengadakan monitor tancap tiap musim panas.

9. Park Guell, Barcelona

Adalah salah satunya situs UNESCO, di pintu masuknya pengunjung dapat lihat air terjun naga yang mengagumkan. Taman ini mempunyai luas seputar 18 hektar yang ada rumah kue jahe karya arsitek legendaris Gaudi. Gaudi House Museum dapat juga dikunjungi pengunjung waktu ada di sini.

10. Central Park, New York

Ini adalah taman kota paling ikonik di dunia. Tidak hanya jadi tempat warga serta wisatawan melakukan aktivitas di luar ruangan, taman ini jadi tempat syuting banyak film serta serial tv. Rasa-rasanya butuh waktu lebih dari satu hari untuk dapat mendalami semua pojok taman kota paling besar di dunia ini.